Super Baper part 2
Kamis, 4 Agustus 2022
Hai hari ini hari ke 4 belajar di sekolah Paud Bethesda.
Apa yang Salah
Hari ini dikelas Little Star tampak gaduh. Anak-anak beberapa menangis secara bergantian. Mengapa mereka menangis? rupanya ada teman sesama yang mau berkomunikasi dengannya dan menyampaikan perasaannya tapi mereka kesulitan dan mereka bertindak sesuai yang mereka rasakan, tanpa mempertimbangkan perasaan temannya terluka atau tidak. Dari pengamatan hari ini: anak-anak ada yang menjambak muka temannya, memukul, menarik temannya minggir agar dirinya yang ada di tempat itu (mereka berdiri di depat jendelah kaca untuk melihat orang-orang yang disawah) karena jedelahnya sudah dipenuhi oleh beberapa anak yang berdiri. Sehingga tidak ada tempat dan kesulitan untuk melihat. Ada anak yang langsung menarik temannya minggir, dan anak itu tidak minggir dijambaklah muka anak itu (dipukul beberapa kali dengan tangan begitu cepatnya) saya kaget dan berpikir kok bisa anak ini kan pendiam dan penurut.
▪Ada lagi anak yang suka keliling kelas berlari tapi ketika berlari tangannya tidak diam..tangannya menyentuh teman2nya saat ia berlari. Dan pada saat berlari iya dengan tangannya sendiri mendorong teman perempuannya dan terjatuh..prakkk anak ini menangis dengan kerasnya sampai kedengaran oleh mamanya, dan mamanya datang dan membantu menenangkannya dengan memberi makan. Anak ini pun dengan mudahnya langsung diam.
▪Tiba-tiba ada seorang anak perempuan lagi menangis. Apa ya sebab anak ini menangis, sayapun tak tahu. Karena fokus yang terbagi-bagi membuatku bertanya-tanya. Anak ini hanya menangis dan tak mau bercerita. Akhirnya saya perlahan-lahan membujuk dengan berbagai cara. Akhirnya anak ini fokusnya teralihkan sehingga tidak menangis lagi.
▪Eee...aduh pandangannku...saat aku lihat wah..ternyata ada dua anak yang mulai tarik-tarik mainan. Kedua anak ini mulai terlibat pukul-pukulan mainan. Saya memisahkan mereka, mengatakan jangan, tidak boleh. Akhirnya saya memindahkan satu anak laki-laki ini di kelas B. Tujuan saya nak' kamu main ya di kelas sebelah. Biar tidak saling rebutan dan pukul-pukulan untuk sementara waktu. Saya pindahkanlah anak ini di kelas sebelah bersama miss dan bapak guru di kelas B.
▪Eee..ketika saya masuk lagi ke kelas Little star anak yang awalnya menangis dan dibujuk dgn makanan oleh ibunya, ternyata dia menangis lagi..apa sebabnya dia menangis? Ibu anak ini datang lagi di kelas dan membantu menenangkan anak ini.
▪ Rangkaian bermain selanjutnya apa ya? Kok sepertinya di isi oleh tangis-tangisan?
▪Apa yang harus saya lakukan?
▪ selang beberapa waktu kemudian saat asyik-asyiknya bercerita dengan boneka tangan. Anak yang sebelumnya menjambak wajah temannya. Ia terjatuh karena di dorong oleh teman laki-lakinya. Apa sebabnya anak ini mendorong temannya?
rupanya anak ini memberitahu bahwa si anak perempuan yang terakhir menangis karena dipukul oleh teman ini sehingga anak laki-laki ini mendorong anak perempuan yang menangis ini.
▪ mama anak yang menangis inipun masuk kelas dan membantu memberitahukan untuk mereka saling say sorry. Ya akhirnya mereka saling berpelukan dan berjabat tangan.
▪ Kemudian 1 kaka pengajar datang dan membantu saya.
Jam makanpun tiba
Anak-anakpun makan. Dan anak yang sangat aktif ini namanya Nino bersedia memimpin doa makan bersama yang dipandu oleh miss dan ia mengikuti doa yang disampaikan oleh miss. Ini sangat indah❤
Jam Pulang
Pada saat pulangpun seorang anak namanya Alin memimpin doa. Ia kesulitan mengikuti kata-kata miss tapi dengan kata yang sederhana sesuai bahasanya ia dapat berdoa. Ini sangat indah❤
Pelajaran hari ini🔔
☆Sulit mengontrol banyak anak
Komentar
Posting Komentar
Kata-kata sangat kuat pengaruhnya dapat menumbuhkan semangat, motivasi, menguatkan bahkan sampai mematikan semangat dan harapan. Namun semuanya tergantung dari cara kita meresponnya, mau menerimanya atau tidak. Setiap orang pasti melakukan kesalahan, alangkah indahnya jika kesalahan itu diberitahu dan diketahui untuk memperbaikinya. _rindu_
Terimakasih untuk masukan, Kritikan, dan saran yang membangun.